Tuesday, July 2, 2019

Media Untuk Selfi-postingan

Dari sekian media yang ada, menurut saya blog adalah media yang paling cocok untuk kegiatan tulis-menulis. Walau pun mungkin bagi sebagian orang blog sudah kurang populer dibandingkan dengan "adik-adiknya" seperti facebook, twitter apalagi instagram.

Namun karena ketidakpopuleran-nya yang membuat saya nyaman. Blog ini seperti terpisah dari keramaian dan kita bebas mau melakukan apa saja tanpa harus menjadi pusat perhatian. Dan kalau pun ada yang berkunjung ke blog kita, boleh ditebak sebagian besar memang menyukai tulisan-tulisan kita. Ditambah lagi tidak ada pembatasan panjang tulisan seperti halnya twitter atau instagram.

Perkenalan pertama saya dengan per-blog-an adalah saat mencoba multiply di tahun 2008. Dari situ saya mulai ketagihan untuk menulis. Dan dari situ pula bertemu dengan teman-teman baru di dunia maya. Namun semuanya berakhir, ketika negara api menyerang, eh maksudnya ketika facebook datang. Semua berbondong-bondong pindah ke facebook. Multiply-nya jadi sepi.

Pada awalnya saya tidak mau ikutan pindah, tetap bertahan. Namun karena semakin sepi, saya ikut-ikutan pindah. Boleh dibilang saya termasuk orang-orang terakhir yang memakai facebook. Sampai-sampai ada teman "menyindir" : akhirnya Lu maen facebook juga.

Setelah multiply mati, maka kegiatan ngeblog saya coba merambah ke blogspot dan wordpress. Beberapa akun saya buat di dua platform ini. Nah setelah sekian lama berkecimpung di sana, banyak yang menyarankan untuk memakai wordpress.org dengan memakai top level domain seperti .com, .net dan lainnya. Pokoknya berbayar dan tidak gratisan. Alhamdulillah sekarang saya mengelola dua blog dengan akhiran dot com.




No comments:

Post a Comment