Saturday, November 24, 2018

HOBINYA APA?

oleh : hasan abadi kamil

Seumur - umur selama saya bekerja ada dua orang yang berbeda yang tidak saling kenal, di waktu berbeda,  mengajukan pertanyaan yang sama : Mas Hasan hobinya apa?

Diberi pertanyaan semacam itu saya terdiam; tidak bisa menjawab. Saya hobinya apa ya? Malah saya balik tanya dalam hati.

Kalau hobi didefinisikan secara bebas adalah kegiatan untuk mengisi waktu luang, maka saya tidak mempunyai hobi. Yang pasti waktu luang saya di akhir pekan lebih banyak dihabiskan bersama keluarga.

Ingin mengatakan hobi saya membaca, sekarang saya sudah jarang membaca buku. Ingin dibilang hobi menonton, saya juga sudah jarang menonton tivi. Aapalagi olahraga. Sudah berapa lama badan ini tidak gerak-gerak. Bagaimana kalau hobi makan? Masak makan dibilang hobi sih? Itu kan kebutuhan.

Sebenarnya kegiatan utama saya bermuara di tiga hal : kerja-kerja-kerja. Jadi bisa disimpulkan hobi saya adalah bekerja!

Dan menariknya kedua orang yang tidak saling kenal ini mempunyai hobi yang sama yaitu MEMANCING!

No comments:

Post a Comment