Wednesday, September 30, 2020

Paragon dan Tukang Ojek



Ngomong-ngomong soal Paragon, ada yang tahu enggak kalau dulu itu Paragon namanya Pusaka Tradisi Ibu? Gara-gara nama ini orang suka mengira ini perusahaan obat, bukan perusahaan kosmetik. Karena kata-kata pusaka tradisi ibu-nya itu.

Jadi di usia yang ke-35 tahun ini Paragon sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berganti nama dari Pusaka Tradisi Ibu disingkat PTI menjadi Paragon Technology and Innovation dengan singkatan PTI juga. Terakhir PTI mempunyai holding company Paragon Universa Utama yang disingkat menjadi Paraversa.

Perubahan ini juga terjadi dengan para tukang ojek pangkalan yang mengantarkan penumpang menuju pabriknya yang berada di Jalan Industri Raya IV di zona industri Jatake. Pada awal saya masuk di tahun 2005 kalau naik ojek dari depan Jatake biasanya bilang : Pak ke Putri ya. Putri adalah salah satu brand milik PTI, dia lebih dulu ada dibandingkan Wardah. Biasanya hanya satu dua tukang ojek yang tahu nama Putri. Kalau sudah begini, saya jelaskan yang dekat Prima. Prima adalah nama perusahaan pembuat sepatu Adidas yang besar sekali, yang sekarang sudah dibeli oleh Paragon menjadi Jatake 6.

Memakai nama nama Putri karena Putri hadir pertama kali ketika PTI berdiri. Wardah belum besar. Produk-produknya kebanyakan untuk salon seperti cream bath, obat keriting, pelurus rambut shampo dan hair tonic. Yang paling terkenal adalah hair tonic-nya, terutama hair tonic hijau. Kelebihan dari hair tonic Putri adalah tampilannya yang jernih serta manfaatnya untuk menguatkan akar rambut.

Tahun demi tahun, Wardah mulai bergesar. Sebagai brand kosmetik halal pertama Wardah mulai booming ketika trend hijaber. Namun sebagai informasi banyak juga wanita yang tidak berjilbab memakai brand Wardah. Nah, kembali ke tukang ojek juga mengalami perubahan. Kalau mau naik ojek, kita bilang : Pak ke Wardah ya? Tidak lagi Putri. Nah di masa ini tukang ojek banyak yang kenal dengan Wardah karena mulai banyak di iklan - iklan dan masuk ke mall-mall.

Setelah itu PTI tidak hanya punya Putri dan Wardah saja. Ada juga brand-brand baru seperti Make Over dan Emina. Pernah juga ada IX dan Vivre juga. Terus pabriknya paragon tidak hanya ada di Jatake 1 yang kita kenal sekarang. Mulai ada Jatake 2, 3 dan seterusnya. Karena itu Paragon sering membuka lowongan pekerjaan menerima karyawan baru. Banyak para pelamar kerja yang mau memasukkan lamaran atau mengikuti tes masuk dengan menggunakan jasa tukang ojek pangkalan. Nah, di sini mengalami pergeseran. Jadi kalau mau naik ojek, kita bilang : Pak ke Paragon ya? 

Jadi perkembangan yang telah terjadi di Paragon, juga mempengaruhi nama yang diingat oleh para tukang ojek pangkalan di sekitarnya. Dan mudah-mudahan nanti akan bermunculan Paragon-paragon yang lain seperti yang sudah terjadi seperti Parama untuk perusahaan distribusi. Aamiin.

No comments:

Post a Comment