Sunday, June 23, 2019

Apa Salahnya Bekerja di Perusahaan Kosmetik


Begini nasib kalau orang kerja di perusahaan kosmetik. Setiap kali berkenalan dan menyebutkan pekerjaan, lawan bicara langsung berubah dan bertanya : bagian apa Mas?

"HRD."Jawab saya pendek.
"Oooo. Kiraian bagian yang nyoba-nyoba produk."

Mungkin yang terbayang di kepala yang bertanya, saya ini setiap harinya duduk di kursi dan mencoba semua jenis produk kosmetik. Terus masih dalam bayangannya saya sedang mencoba bedak dan lipstick dari berbagai nomor dan merek secara terus menerus. Padahal kenyataannya enggak begitu.



Memang apa salahnya bekerja di perusahaan kosmetik? Toh tidak semua orang kerja di perusahaan kosmetik mengurusi produk. Ada juga yang mengurusi produksinya,  penyimpanannya, penjualannya dan tentunya ada yang mengurusi keuangan dan orang-orangnya (baca HRD).

Dan jangan selalu berfikiran di pabrik kosmetik itu isinya perempuan semua. Banyak juga karyawan laki-lakinya. Apalagi bagian produksi dan penjualan (sales). Untuk mengoperasikan mesin produksi yang berat-berat dikerjakan oleh karyawan laki-laki. Untuk mengambil order ke toko-toko, yang membutuhkan mobilitas tinggi dikerjakan oleh karyawan laki-laki.

Dan jangan pula berfikiran yang memakai kosmetik itu hanya perempuan saja. Maksudnya ada laki-laki yang memakai lipstick begitu? Bukan. Bukan itu maksudnya. Pengertian kosmetik itu luas sekali. Kalau kita mengacu kepada Definisi kosmetik dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 445/Menkes/Permenkes/1998 adalah sebagai berikut : “Kosmetik adalah sediaan atau paduan bahan yang siap untuk digunakan pada bagian luar badan (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ kelamin bagian luar), gigi, dan rongga mulut, untuk membersihkan, menambah daya tarik, mengubah penampakan, melindungi supaya tetap dalam keadaan baik, memperbaiki bau badan tetapi tidak dimaksudkan untuk mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit”.

Jadi yang termasuk kosmetik itu bukan hanya lipstick dan bedak saja, sabun mandi, pasta gigi, deodoran itu termasuk kosmetik juga. Sekarang Anda pakai sabun enggak kalau mandi?

sumber gambar : Ivanov Good

#30HariBerkarya
#PutaranPertama
#MenulisMenebarKebaikan
#SemuaBisaMenulis
#Day1
#JadiBloggerBeneran
#Kosmetik

No comments:

Post a Comment