Saturday, August 8, 2020

Bagaimana Agar Tulisan Enak DIbaca


Ada sebagian orang yang mempunyai masalah dengan menulis. Baik itu sulit untuk menuangkan ide menjadi tulisan atau bagaimana agar tulisan enak dibaca.

Kalau sulit untuk menulis, maka saran saya mulailah untuk menulis. Menulis apa saja.

Setelah menulis apa saja, maka masuk ke masalah yang kedua. Bagaimana agar tulisan enak dibaca.

Mengapa tulisan kita harus enak dibaca oleh siapa pun yang membacanya? Karena kalau enak dibaca maka ide atau pokok pikiran yang mau disampaikan diterima dengan mudah olehnya. Sehingga tidak ada informasi yang salah. Kita maunya ke kanan, yang membaca menangkapnya ke kanan. Bukan sebaliknya.


Agar tulisan enak dibaca maka ada tiga tahap yang harus dikerjakan, yaitu :

1. Potong kalimat panjang menjadi kalimat pendek.
2. Perhatikan jarak baris antar tulisan.
3. Tulisan dibuat menjadi point per point.

Mari kita bahas dari yang pertama.

1. Potong kalimat panjang menjadi kalimat pendek.

Caranya adalah coba Anda baca keras-keras tulisan yang sudah dibuat. Apakah Anda merasa kesulitan untuk membacanya? Apakah Anda membaca sampai terasa nafas terakhir? Kalau iya berarti tulisan Anda kalimatnya masih panjang.

Potonglah kalimat ynag panjang itu menjadi pendek-pendek. Untuk jelasnya, lihat contoh di bawah ini :

Setiap tahun ada waktu bagi kita untuk menyembelih seekor hewan korban dan kemudian membagikan dagingnya kepada saudara-saudara kita yang kita cintai yang dekat dengan kita. Sungguh suatu ibadah yang sangat mulia, yang merupakan bukti rasa syukur kita kepada Allah yang telah mencurahkan nikmatnya yang tidak terhitung dalam hidup ini.

Coba baca tulisan di atas dengan keras! Apakah Anda merasa nyaman atau tidak. Menurut saya tidak. Karena kita harus mengeluarkan nafas yang cukup banyak. Tulisan di atas mempunyai kalimat yang panjang.

Untuk memudahkannya, saya potong menjadi pendek seperti di bawah ini :

Setiap tahun ada waktu bagi kita untuk menyembelih seekor hewan korban. Kemudian kita membagikan dagingnya kepada saudara-saudara kita yang dekat dan yang kita cintai.  Sungguh suatu ibadah yang sangat mulia. Bukti rasa syukur kita kepada Allah yang telah mencurahkan nikmatnya yang tidak terhitung dalam hidup ini.

Coba di baca. Apakah berbeda atau tidak? Kalau menurut saya ada bedanya.

Untuk lebih jelas, saya tambahkan contoh yang lain. Di bawah ini adalah paragraf yang terdiri dari kalimat yang panjang.

Allah sangat menyayangi hamba-Nya dengan perintah berkorban agar kita mendapat limpahan pahala yang tak terhitung dengan persembahan hewan korban. Betapa Allah melihat niat setiap hamba yang mencintai agama ini, mencintai saudara-saudaranya dan juga mencintai perintah ini. Dengan ibadah ini kita melihat wajah-wajah bahagia yang menerima bingkisan daging yang akan menjadi makanan halal bergizi lagi berberkah. 

Setelah saya potong menjadi pendek, hasilnya sebagai berikut :

Allah sangat menyayangi hamba-Nya melalui perintah berkorban.  Dengan persembahan kurban ini  kita akan mendapat limpahan pahala yang tak terhitung banyaknya. Betapa Allah melihat niat setiap hamba-Nya yang mencintai agama ini, mencintai saudara-saudaranya dan juga mencintai perintah-Nya. Melalui ibadah ini kita bisa melihat wajah-wajah bahagia yang menerima bingkisan daging yang akan menjadi makanan halal bergizi lagi berberkah. 

Untuk paragraf ini, selain melakukan pemotongan saya juga menambahkan dan mengganti dengan kata yang menurut saya lebih pas. Hal ini dilakukan agar tulisannya enak dibaca. 

Nah sekrang apakah ada bedanya dengan tulisan sebelum dimodifikasi ini? Kalau menurut saya ada bedanya.

2. Perhatikan jarak antar baris di dalam tulisan.

Tulisan yang barisnya rapat membuat tidak nyaman untuk dibaca. Kita harus memperhatikan baris kalimatnya dengan seksama.

Untuk itu, buat jarak yang cukup membuat kita nyaman membacanya, sehingga tulisannya enak dibaca.

Untuk yang langkah yang kedua, saya rasa postingan kali ini sudah menggunakan jarak yang cukup memadai. 

3. Tulisan dibuat menjadi point per point.

Tulisan dibuat menjadi point per point untuk memudahkan para pembaca mengingat pokok pikiran yang sedang dibahas, sehingga bisa lebih memahami tulisan. Dan postingan yang saya buat di sini sudah dalam bentuk poin per poin.

Demikian tips mengenai bagaimana agar tulisan enak dibaca. Kalau enak dibaca maka ide atau pokok pikiran yang ingin kita sampaikan akan mudah dipahami  pembaca. 

sumber gambar : pixabay

No comments:

Post a Comment