Thursday, December 17, 2020

Bedanya Toyota Kata dengan Toyota Way

Saya sedang membaca buku Toyota Kata karya Mike Rother. Menurut saya ini buku yang bagus. Apa yang membedakan antara Toyota Kata dengan Toyota Way-nya Jeffrey Liker? Menurut saya kalau Toyota Way membahas Toyota dari luar; yang kasat mata sedangkan Toyota Kata itu membahas Toyota dari dalamnya.

Ide dari buku adalah mengapa organisasi atau perusahaan lain, walau pun sudah menerapkan Toyota Production System atau hal-hal yang berbau Toyota namun tidak memperoleh hasil yang sama? Jawabannya ada di buku ini.

Selama ini kita hanya menangkap yang terlihat oleh mata. Toyota menerapkan kanban, kita ikut menerapkan. Toyota menerapkan A3 report, kita ikut menerapkan. Padahal yang paling penting adalah bagaimana kita berfikir dan bertindak seperti orang Toyota. Itulah disebut dengan Toyota Kata. Jadi Toyota Kata adalah bagaimana orang Toyota itu berfikir dan bertindak. Jadi yang ditekankan di sini adalah membangun pola fikirnya.

Kalau digambarkan maka Toyota Kata seperti gambar di bawah ini. Gambar ini adalah hasil karya Gemma Jones. Jadi kalau kita mau menerapkan Toyota Production System selain kita membangun raganya kita juga membangun fisiknya.


source : Gemma Jones

No comments:

Post a Comment