Saturday, July 13, 2019

Mimpi Buruk

Apa mimpi terburuk Lu? Mimpi terburuk gua adalah kuliah. Biar enggak salah pengertian gua ulangi. Kalau lagi ada masalah yang berat biasanya gua mimpi buruk dan mimpi buruknya adalah mimpi waktu kuliah.

Di dalam mimpi gua harus mengulang beberapa mata kuliah. Belum mengerjakan ini, belum mengerjakan itu. Intinya semua serba ketinggalan dengan teman-teman yang lain. Dan lucunya di ujung mimpi gua suka tersadar : Gua kan udah lulus kuliah. Oh ini mimpi. Dan langsung perasaan gua menjadi tenang. Dan ini masih dalam keadaan mimpi.

Pertanyaannya adalah mengapa mimpi sedang kuliah itu menjadi pertanda kalau sedang ada "sesuatu"? Mungkin kalau boleh jujur, kuliah adalah salah satu fase kehidupan gua yang cukup berat. Membutuhkan waktu enam tahun untuk menyelesaikannya dengan predikat lulus ketiga dari belakang di angkatan gua he he he. Kalau pengen tahu dua orang yang lulus setelah gua, silahkan japri ya. Dan kondisi ini semakin memperkuat pameo orang kuliah di ITB : masuknya susah, keluarnya jauh lebih susah. Karena kondisi, mungkin berkesan sampai ke alam sadar sehingga kalau lagi ada yang susah-susah munculnya mimpi ini.

Terus apa yang membuat kuliah gua terasa susah? Hmmm...kalau mau ditarik lebih mendasarnya adalah bahwa "bakat" gua itu bukan di ilmu-ilmu pasti. Karena gua ingat banget pas psikotes di SMA pendidikan yang disarankan adalah ilmu-ilmu sosial. Cuma namanya arogansi pribadi waktu itu bahwa kelas IPA bisa kemana-mana (baca bisa ambil IPC ketika UMPTN) dibandingkan non IPA. Setelah dari sini ada sebuah kesadaran semua disiplin ilmu sama pentingnya dan ada tempatnya masing-masing. Tidak ada yang superior terhadap yang lain. Dan gua juga jadi percaya sama hasil psikotes. Jad pas kuliah itu, terasa sekali kemampuan "mentok" dan tidak bisa berkambang kemana-mana. Tapi yang terpenting adalah gua sudah bisa melalui semua itu dengan selamat tanpa kurang sesuatu apa pun.




No comments:

Post a Comment